SURVEY MAGANG KELOMPOK AAX IT

Posted: Oktober 28, 2010 in Uncategorized

Please answer for Survey Magang :
1. Sudah berapa (Rp) Technopreneur yang dihasilkan…???
2. Apa saja yg sudah diajarkan….???, Bagaimana hasilnya…???
3. Bagaimana tanggapan pihak sekolah selama magang berlangsung…???
4. Seberapa berperannya program magang ini buat sekolah2 ditempat
kalian magang..??
5. Bagaimana antusia para siswa/siswa atau guru2 yang diajarkan selama
mengikuti proses magang ini…??
6. Bagaimana cara kalian mengatasi keterbatasan2 yang ada dalam proses
magang ini..??
7. Adakah satu tim/ kelompok yang tidak berperan dalam kegiatan KBM
dalam proses magang…??? Tolong dijawab sesuai fakta dilapangan
jangan hanya tidak enak karena teman
8. Dalam proses magang, siasat/ strategi apa yang kalian terapkan
dalam proses magang terutama dalam pengajaran kepada para
siswa/siswi…???
9. Materi pengajaran apa saja yang disenangi selama proses magang….????
10. Berapa produk/ materi yang terselesaikan…?? Tolong dibuatkan
back up hasilnya
11. Menurut kalian apakah program magang ini bermanfaat/ berguna untuk
khalayak ramai baik untuk para sekolah, guru dan para siswa yang
diajarkan…??
12. Apakah kalian mendapatkan ilmu yang baru..?? Sebutkan.
13. Bagaimana cara kalian menyiasati materi yang belum kalian ketahui
dan temukan jawaban pada saat pelaksanaan magang di sekolah2..???

PROSES PROGRAM MAGANG KELOMPOK  4  (AAX IT)

1.      Rp. 75.000 , Menjual tutorial LMS menggunakan Moodle.

2.      Yang kami ajarkan pada proses magang kemaren adalah :

a.       Pembuatan animasi menggunakan Blender :

–       Siswa sudah bisa membuat karakter 3 dimensi menggunakan 3dBlender.

–       Siswa sudah bisa membuat animasi dengan adobe premier

b.      Pembuatan game desktop ( game Edukasi ) menggunakan RPG Maker XP )

–       Siswa sudah bisa membuat game desktop ( game Edukasi ) menggunakan RPG Maker XP.

–       Siswa sudah bisa menggunakan script dalam pembuatan game desktop RPG Maker XP.

–       Siswa sudah bisa membuat game dengan multi Map dan transfer player antar map.

c.       Pembuatan E – Learning menggunakan Software Moodle

–       Guru sudah bisa membuat E – learning menggunakan software Moodle

–       Guru sudah bisa meng – upload materi – materi pembelajaran.

–       Guru sudah bisa membuat soal dan mengupload nya di E – Learning

d.      Pengenalan Mjeni dan Pembuatan Hello Wolrd

–          Siswa sudah mengenal dasar Java Mobile

–          Siswa sudah mengenal class di java

–          Siswa sudah bisa membuat program pertama , memunculkan Hello world di Emulator.

3.      Sekolah merasa antusias dengan kegiatan magang yang kami lakukan. Karena di kegiatan yang kami lakukan siswa di sekolah dapat materi pembelajaran teknologi yang sebelum nya , tidak pernah mereka dapatakan. Kemudian pihak sekolah juga merasa senang, karena kami mengajarkan E – learning kepada guru – guru, karena kebetulan pihak sekolah sedang membangun E – Learning SMA N  Tanjung sari. Dengan kegiatan kami, pihak sekolah merasa terbantu mengajarkan guru – guru dalam mengupload materi dan soal serta dalam mengelola pembelajaran E – Learning SMA N  Tanjung Sari.

4.      Peran kegiatan magang , sangat terlihat pada pengajaran E – Learning menggunakan Moodle  , Karena pihak sekolah berniat Guru – guru dapat mengupload serta mengelola pembelajaran sendiri, tanpa harus merepotkan Admin sekolah , untuk mengelola E-Learning.

5.      Siswa sangat bersemangat dalam membuat animasi menggunakan 3D Blender dan siswa bersemangat dalam membuat game desktop. Karena siswa sangat senang dalam bermain game, sehingga mereka sangat tertarik dalam membuat sebuah game desktop menggunakan RPG Maker XP. Untuk para guru, mereka sangat tertarik ketika diajarkan bagaimana membuat dan pengelolaan sebuah E – Learning, karena pihak sekolah sedang membangun sebuah E – learning, jadi guru akan diwajibkan untuk mengelola course di dalam E – Learning SMA N  Tanjung Sari.

6.      Di SMA N Tanjung Sari, kami tidak menemukan kendala dan keterbatasan dalam proses kegiatan magang. Dikarenakan Peralatan dan Komputer di Labor SMA N Tanjung Sari Cukup Lengkap, seperti Jumlah LCD Projector mencapai tujuh unit, Komputer labor mencapai 28 unit, dan sekolah sudah terkoneksi dengan internet.

7.      Tidak, karena dari 3 anggota tim , kami berbagi tugas mengajar :

–          Patrio Soneta mengajar 3D Blender

–          Surya Fianas mengajar RPG Maker XP  dan Pengenalan Mjeni

–          Zulfadli mengajar E – Learning menggunakan Moodle

8.      Kami memeperlihat kan berbagai macam contoh game dan Animasi, sehingga para siswa tertarik untuk bisa membuatnya.

9.      Untuk siswa menyenangi Pembuatan Animasi 3D Blender dan RPG Maker XP, sedangkan guru menyukai pembelajaran E-Learning menggunakan Moodle.

10.  Produk yang terselesaikan diantaranya game RPG Maker XP dan Animasi pendek Menggunakan 3D Blender.

11.  Bermanfaat , karena siswa SMA yang sebelumnya , tidak pernah mendapatkan pembelajaran pembuatan game maupun Animasi, sekarang sudah bisa membuat game.

12.  Ya, ilmu bagaimana cara mengajar di depan para siswa.

13.  Dengan memberikan tutorial pembuatan game dan animasi serta E – Learning.

Tinggalkan komentar